Perajin Batik Kulonprogo Perkuat Pasar Lokal untuk Jaga Pembuatan Masih Stabil


Hallo sahabatku, Komunitas Warga Kulon Progo, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Perajin Batik Kulonprogo Perkuat Pasar Lokal untuk Jaga Pembuatan Masih Stabil, Kami berharap isi postingan Artikel informasi usaha kulonprogo, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga





 TRIBUNJOGJA.COM  - Perajin batik Kulonprogo mulai merasakan  kelesuan pasar batik yang biasa terjadi di akhir tahun.

Untuk menjaga stabilitas produksinya, perajin batik Kulonprogo mulai kembali memperkuat pemasaran dengan cara lokal.

Pemilik Batik Farras, Umbuk Haryanto, berbicara pembuatan lokal berbagai  bulan terbaru menurun kurang lebih 20 persen. Kejadian tersebut, menurutnya, tak lepas dari kondisi ekonomi nasional, yang menurutnya juga lesu.

Tren penurunan pasar batik di akhir tahun, menurutnya, kerap terjadi menyeluruh. Tak cuma di Kulonprogo tapi juga di daerah sentra batik lainnya, misal di Pekalongan.

Untuk  kawasan Kulonprogo terbilang lumayan beruntung sebab mempunyai motif khas berupa Geblek Renteng. Dirinya pun mengaku di akhir tahun ini kembali memperkuat pasar lokal.

"Kelak pasar nasionalbakal kembali kamui telah masuk tahun aliran baru 2017," katanya, Selasa (22/11/2016) kemarin. Menurutnya, kebanyakan sekolah yang bakal memesan batik seragam mulai    di awal tahun.

Kewajiban lembaga sekolah supaya siswanya mengenakan batik khas Kulonprogo pun ikut mendongkrak pasal lokal. Batik Farras sebetulnya telah mempunyai pelanggan hingga tingkat nasional. Produk Farras bahkan hingga ke Jakarta, Bandung, Samarinda serta daerah lainnya. Masihi supaya pasar masih stabil, pelanggan lokal juga diperkuat

Terlebih, waktu ini batik China telah tak sedikit yang masuk ke  kawasan bahkan daerah di Indonesia. Dengan memperkuat pasar lokal, produk China itu takbakal sempat menjadi kompetitor.

Tak tanggung-tanggung, untuk memperkuat pasar lokal batik Kulonprogo, Umbuk saat ini telah mempunyai 500 pembatik tulis. Mereka tersebar di  kawasan Kecamatan Lendah.  

Itulah tadi Sahabat Komunitas Warga Kulon Progo,sedikit uraian tentang Perajin Batik Kulonprogo Perkuat Pasar Lokal untuk Jaga Pembuatan Masih Stabil.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Perajin Batik Kulonprogo Perkuat Pasar Lokal untuk Jaga Pembuatan Masih Stabil yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Perajin Batik Kulonprogo Perkuat Pasar Lokal untuk Jaga Pembuatan Masih Stabil dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link https://kwkp.blogspot.com/2016/11/perajin-batik-kulonprogo-perkuat-pasar.html

No comments